Prosiding Semnastek
PROSIDING SEMNASTEK 2015

PENGGUNAAN BERBAGAI JENIS FILTER PADA OIL CATCH TANK UNTUK PERBAIKAN PERFORMANSI MESIN OLD VEHICLE

Budi Waluyo (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Bagiyo Condro Purnomo (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Hamid Saifudin (Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2015

Abstract

Tingginya emisi hidro karbon (HC) dan karbon monoksida (CO) yang dihasilkan kendaraan  lama (old vehicle), dikarenakan keausan komponen mekanika mesin yang   mengakibatkan tingginya blow-by gas. Teknologi positive crankcase valve (PCV) yang diaplikasikan pada kendaraan mengakibatkan uap oli  masuk ruang bakar dan menyebabkan efek penurunan performansi mesin.  Penambahan Oil Catch Tank (OCT) dengan pemilihan filter yang  optimum diharapkan mampu menangkap uap oli masuk kedalam  ruang bakar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis filter penangkap uap oli yang optimal.  Emisi HC, CO dan kondisi visual kerak karbon pada elektroda busi selama pemakaian tertentu dipilih untuk menentukan performansi mesin. Penelitian ini menggunakan  filter busa urethane dan kombinasi busa-serat stainless dengan dimensi tertentu sebagai variabel yang dibandingkan. Putaran mesin 750, 1500 dan 2000 rpm, juga dipilih untuk mengamati trend perubahan performansi terhadap kondisi putaran mesin. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan filter jenis busa urethane pada OCT menunjukan performansi yang paling optimal pada semua kondisi parameter uji.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

semnastek

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SEMNASTEK) merupakan kumpulan paper atau artikel ilmiah yang telah dipresentasikan di acara Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SEMNASTEK) yang diadakan secara rutin tiap tahun oleh Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. ...