Jurnal Penelitian LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) IKIP PGRI MADIUN
Vol 5, No 1 (2017)

PGASING DENGAN METODE FISIKA MISTERI UNTUK PEMAHAMAN KONSEP TORSI SISWA KELAS XI DI SMAN 1 BALIKPAPAN

HANDOYO SAPUTRO (Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
PUJI HARIATI WININGSIH (Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2017

Abstract

AbstractThis article aims to understand the simple physics concept of torque in FISMIS (Physics Mysteries) method. The method can inspire the innovative learning physics and one of the alternatives in answering the concept of physics, especially in torque material. The experiments of torque were conducted by using the media such pens and ring necklaces which were given treatments such encouragement, pressure, and deviation. From the pre-test result of 10 items and ten items about the concept of counting were known to have 20% of the 200 SMAN 1 Balikpapan students in class XI were able to understand the answer about the concept of torque and 80% of students were able to answer counting problems correctly. However, after being given Pgasing with FISMIS method problem solving of torque, the post-test result there were 95% of students who can understand the concepts and solve it correctly.As for the concept of counting with I2T shows pupils more rigorous in calculating quickly without leaving the concept. AbstrakArtikel ini bertujuan untuk memahami konsep fisika tentang torsi secara sederhana dengan metode FISMIS (Fisika Misteri). Metode tersebut bisa menjadi inspirasi pembelajaran fisika yang inovatif dan salah satu alternatif dalam menjawab konsep fisika khususnya pada materi torsi. Eksperimen tentang torsi dilakukan menggunakan media bolpoint dan kalung ring dengan diberi perlakuan berupa dorongan, tekanan serta simpangan. Dari hasil pre test 10 butir soal konsep dan 10 soal menghitung diketahui ada 20 % dari 200 siswa kelas XI di SMAN 1 Balikpapan yang  mampu memahami dalam menjawab soal konsep torsi dan80 % siswa mampu menjawab soal menghitung dengan benar. Tetapi setelah diberi PGasing dengan metode FISMIS problem solving tentang torsi, hasil post tes 95 % siswa mampu memahami konsep dan mampu menjawab secara benar. Sedangkan untuk konsep menghitung dengan I T menunjukan siswa semakin teliti dalam menghitung secara cepat tanpa meninggalkan konsep.

Copyrights © 2017