Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 1, No 1 (2013)

PEMANFAATAN LKM DAN ANIMASI JAVA LABORATORY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATAKULIAH FISIKA KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FPMIPA IKIP PGRI MADIUN

Mislan Sasono (IKIP PGRI MADIUN)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah pemanfaatan LKM dan animasi java laboratory padamatakuliah fisika kuantum dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran. Perangkatpembelajaran tersebut diimplikasikan oleh dosen model pada matakuliah fisika kuantum dan denganterpenuhinya tujuan tersebut diharapkan aktivitas belajar mahasiswa meningkat dengan menggunakanmedia LKM dan animasi java laboratory sebagai media pembelajaran. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian tindakan kelas. Pemanfaatan media LKM dan animasijava laboratory dilaksanakan tiga kali siklus pembelajaran yaitu siklus I, II, dan III. Dengan subjekpenelitian yaitu mahasiswa semester VI tahun akademik 2011/2012 pada semester genap. Untuk datapengamatan dilakukan menggunakan lembar observasi pengelolaan pembelajaran dosen dan aktivitasmahasiswa serta hasil belajar siswa selama pembelajaran dicatat sebagai data kuantitatif dan dianalisissecara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas, dapat disimpulkan bahwa: pemanfaatan LKM dananimasi java laboratory sebagai media pembelajaran fisika pada matakuliah fisika kuantum mampumeningkatkan aktivitas belajar mahasiswa dengan peningkatan respon aktivitas belajar mahasiswa darisiklus I, II, dan III adalah 78,42%, 79,18%, 95,83%.

Copyrights © 2013