Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematik
Vol 1 No 2 (2014): Prosiding Seminar Nasional Matematika 2014

SOAL MATEMATIKA DALAM PISA KAITANNYA DENGAN LITERASI MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

Setiawan, Harianto (Unknown)
Dafik, Dafik (Unknown)
Sri Lestari, Nurcholif Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2014

Abstract

PISA (Programme for International Student Assessment) adalah studi international menguji prestasi literasi membaca, matematika, dan sains siswa sekolah berusia antara 15tahunyang mendekati akhir wajib belajar. Dalam studinya, PISA menggunakan pendekatan literasi yang inovatif, suatu konsep belajar yang berkaitan dengan kapasitas para siswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam mata pelajaran kunci disertai dengan kemampuan untuk menelaah, memberi alasan dan mengomunikasikannya secara efektif, serta memecahkan dan menginterpretasikan permasalahan dalam berbagai situasi. Seorang siswa dikatakan mampu menyelesaikan masalah apabila ia dapat menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya ke dalam situasi baru yang belum dikenal. Kemampuan inilah yang biasa kita kenal sebagai keterampilan berpikir tingkat tinggi. Maka dari itu, dalam penelitian ini akan memaparkan secara jelas keterkaitan soal-soal matematika model PISA dengan kemampuan literasi matematika siswa serta keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

PSMP

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Prosiding Semnas Matematika dan Pendidikan Mamatika adalah prosiding kumpulan artikel hasil seminar nasional matematika dan pendidikan matematika. Tema semnas berbeda setiap terbitan disesuaikan dengan tema yang dikembangkan oleh panitia semnas. Terbit satu kali dalam setahun secara serial antara ...