Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking ter-hadap kemampuan berpikir kritis dan kecerdasan emosional siswa SMA Negeri 4 Ka-yuagung. Desain penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Kayuagung, diambil sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIPA 1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran dengan Pendekatan Metaphorical Thinking dan kelas XI MIPA 3 sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan uji t (Independent Sample T-Test), dengan terlebih dahulu menguji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan analisis data tersebut, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 4 Kayuagung, 2) ada pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kecerdasan Emosional Siswa SMA Negeri 4 Kayuagung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019