Jurnal Pendidikan Matematika RAFA
Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Matematika RAFA

Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecerdasan Emosional Siswa SMAN 4 Kayuagung

Tezha Kurnia Anggraeny (Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang)
Rohana Rohana (Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang)
Jayanti Jayanti (Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking ter-hadap kemampuan berpikir kritis dan kecerdasan emosional siswa SMA Negeri 4 Ka-yuagung. Desain penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Kayuagung, diambil sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIPA 1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran dengan Pendekatan Metaphorical Thinking dan kelas XI MIPA 3 sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan uji t (Independent Sample T-Test), dengan terlebih dahulu menguji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan analisis data tersebut, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 4 Kayuagung, 2) ada pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kecerdasan Emosional Siswa SMA Negeri 4 Kayuagung.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpmrafa

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Matematika RAFA is a double blind peer-reviewed journal which is published by Mathematics Education Study Programme of Tarbiyah and Teacher Training Faculty of Islamic State University of Raden Fatah Palembang. This journal publishes current concept and research papers on in the ...