Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan

ANALISIS NILAI TUKAR NELAYAN RUMPUT LAUT DI DESA RANOOHA RAYA KECAMATAN MORAMO KABUPATEN KONAWE SELATAN

Nalarati, . (Unknown)
La Ola, La Onu (Unknown)
Roslindah, Siang Daeng (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2016

Abstract

Nilai tukar nelayan adalah indikator untuk menggambarkan kesejahteraan  nelayan atau kemampuan nelayan dalam memenuhi kebutuhan keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengeluaran produksi, pengeluaran konsumsi dan pendapatan nelayan budidaya rumput laut serta menganalisis nilai tukar nelayan budidaya rumput laut di Desa Ranooha Raya Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian dilakukan dengan metode survey. Sampel ditentukan dengan metode simple random sampling. Jumlah sampel sebanyak 38 orang ditentukan dengan menggunakan rumus slovin. Analisis yang digunakan adalah analisis pendapatan dan nilai tukar nelayan. Hasil penelitian menunjukkan pengeluaran produksi untuk usaha budidaya rumput laut sebesar Rp28.443.478/tahun dan pengeluaran konsumsi nelayan untuk kebutuhan rumah tangga sebesar Rp18.376.105/tahun. Sedangkan pendapatan nelayan budidaya rumput laut yaitu sebesar Rp49.938.610/tahun. Nilai tukar nelayan (NTN) pada usaha budidaya rumput laut yaitu 1,07. Nilai NTN yang diperoleh berada di atas angka satu. Kesimpulan penelitian menunjukkan keluarga nelayan memiliki nilai daya beli yang tinggi untuk kebutuhan subsisten dan mempunyai potensi untuk memenuhi kebutuhan sekunder dan tersier atau menabung. Kata Kunci: Kesejahteraan, nilai tukar nelayan, pendapatan, rumput laut

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JSEP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan ini memuat hasil-hasil penelitian yang berkenaan dengan segala aspek bidang ilmu Sosial Ekonomi Perikanan. Sosial Ekonomi Perikanan (sistem agribisnis, analisis biaya-manfaat dan analisis efektivitas biaya, pemasaran hasil perikanan, strategi marketing mix, lembaga ...