Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Vol 3, No 3 (2018): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan

ANALISIS KELAYAKAN USAHA SIOMAY IKAN BERBASIS HOME INDUSTRY DI JALAN LAUTE KELURAHAN MANDONGA KECAMATAN MANDONGA

Hersiani, . (Unknown)
Yusuf, Sarini (Unknown)
Rosmawati, . (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keuntungan serta kelayakan usaha siomay ikan di Kelurahan Mandonga Kota Kendari.Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh atau sensus sebanyak 3 pelaku usaha.Data diperoleh melalui wawancara secara langsung menggunakan kuesioner.Data yang dikumpulkan adalah umur, tingkat pendidikan, pengalaman usaha, jumlah tanggungan keluarga, biaya produksi, penyusutan, penerimaan, keuntungan, dan kelayakan, data tersebut dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis keuntungan dihitung dengan rumus  π = TR – TC, dan kelayakan usaha menggunakan rumus Net B/C ratio = TR/TC. Hasil penelitian menunjukan bahwa keuntungan yang didapatkan dari 3 pelaku usaha berbeda-beda yaitu: (1) pedagang I, keuntungan yang diperoleh sebesar Rp9.667.733/bulan, (2) pedagang II, sebesar Rp16.592.252/bulan, danpada (3) pedagang III, keuntungan yang diperoleh sebesar Rp12.581.786/bulan, kentungan terbanyak diperoleh pedagang II dan III, sedangkan kentungan terkecil diperoleh pedagang I. Berdasarkan nilai  rata-rata Net B/C ratio, ketiga pelaku usaha memperoleh nilai rata-rata sebesar 1,25. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa layak untuk dikembangkan dan memiliki prospek yang sangat besarKata Kunci: Analisis Kelayakan, Siomay Ikan, Home industri, Mandonga

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JSEP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan ini memuat hasil-hasil penelitian yang berkenaan dengan segala aspek bidang ilmu Sosial Ekonomi Perikanan. Sosial Ekonomi Perikanan (sistem agribisnis, analisis biaya-manfaat dan analisis efektivitas biaya, pemasaran hasil perikanan, strategi marketing mix, lembaga ...