Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan

ANALISIS USAHA PENANGKAPAN IKAN SIDAT (Anguilla marmorata) DI KABUPATEN KONAWE UTARA PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Bahri, Syamsul (Unknown)
La Ola, La Onu (Unknown)
Pangerang, Utama K (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji besaran keuntungan dan efisiensi biaya pada nelayan tangkap ikan sidat di Kabupaten Konawe Utara yang menggunakan alat tangkap listrik dan pancing rawai. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan yaitu dari bulan Februari sampai April 2016. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data primer menggunakan metode partisipatif dengan responden sebanyak 16 orang yang terdiri dari 11 orang yang menggunakan alat tangkap listrik dan 5 orang yang menggunakan alat tangkap pancing rawai.  Data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Konawe Utara. Analisis data dilakukan dengan menghitung keuntungan dan efisiensi biaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besaran keuntungan yang diperoleh nelayan yang menggunakan alat tangkap listrik berkisar Rp75.617-Rp104.479/hari dengan efisiensi biaya produksi  antara Rp12.108-Rp17.134/Kg dan untuk besaran keuntungan yang diperoleh nelayan yang menggunakan alat tangkap pancing rawai yaitu berkisar Rp28.749-Rp45.521/hari dengan efisiensi biaya produksi antara Rp20.073-Rp25.137/kg. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa nelayan yang menggunakan alat tangkap listrik memiliki keuntungan tinggi dan efiesiensi biaya yang rendah. Kata Kunci: Efisiensi, ikan sidat, keuntungan, listrik, pancing rawai

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JSEP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan ini memuat hasil-hasil penelitian yang berkenaan dengan segala aspek bidang ilmu Sosial Ekonomi Perikanan. Sosial Ekonomi Perikanan (sistem agribisnis, analisis biaya-manfaat dan analisis efektivitas biaya, pemasaran hasil perikanan, strategi marketing mix, lembaga ...