Ujian Nasional adalah sistem evaluasi dalam bentuk pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik tingkat dasar dan menengah secara nasional, Keharusan menjadikan ujian nasional sebagai syarat kelulusan menjadi beban menjadi siswa. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui hubungan pola asuh dengan tingkat stres menjelang ujian nasional pada anak kelas VIdi SDN 1 Sukun Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang merupakan penelitian kolerasi yang bertujuan mencari, menjelaskan hubungan, memperkirakan, dan menguji berdasarkan teori yang ada antara variabel. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 94 orang dengan penentuan sampel penelitian mengunakan teknik total sampling, 94 orang tua yang mempunyai anak usia sekolah dasar di SDN 1 Malang. Uji statistik menggunakan uji statistika Chi Kuadrat (x^2) pada taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian didapatkan pola asuh demokratis 67 (71,3%) dan tidak mengalami tingkat stres sebanyak 63 anak (67,0%). Hasil chi kuadrat, didapatkan p-value (0,002) < (0,050) artinya data dinyatakan signifikan maka H¬1 diterima sehingga ada hubungan antara pola asuh dengan tingkat stres menjelang Ujian Nasional (UN) pada anak kelas V1 SDN Sukun 1 Malang. Didapatkan r--value = (7,003) > (3,841) artinya terdapat hubungan positif cukup tinggiantara variabel independen dan dependen sehingga data dinyatakan searah dan memiliki hubungan yang seimbang antara antara pola asuh dengan tingkat stres menjelang Ujian Nasional (UN).
Copyrights © 2017