Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 1: Januari 2017

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Dan Self- Efficacy Siswa Sekolah Menengah Atas Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual

Wa Ode Listiani (Unknown)
Kadir . (Unknown)
Ruslan . (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan KBKM dan SE matematika siswa melalui penerapan model PBMK. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen preetest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 3 Kendari, sampel penelitian diambil dua kelas dengan teknik purposive sampling dan penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dipilih secara random. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan, KBKM dan SE matematika siswa yang mendapat model PBMK memperoleh peningkatan yang secara signifikan lebih tinggi daripada siswa yang mendapat PL. Berdasarkan pengetahuan awal matematika siswa, rata-rata peningkatan KBKM dan SE matematika siswa dengan kategori PAM (tinggi, sedang atau rendah) yang mendapat model PBMK lebih tinggi dibandingkan rata-rata peningkatan KBKM dan SE matematika siswa dengan kategori PAM (tinggi, sedang atau rendah) yang mendapat model PL. Hasil analisis terhadap data observasi menunjukkan bahwa model PBMK dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...