Permasalahan yang sering terjadi di PT Pura Barutama Divisi Indostamping adalah proses penanganan keluhan yang berjalan belum optimal sehingga sering mengakibatkan penanganan keluhan terlambat. Dampaknya adalah tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan menurun. Selain itu laporan kinerja sales belum terpantau dengan baik. Customer Relationship Management (CRM) adalah bagian strategi bisnis yang ditujukan untuk menjaga loyalitas serta kepuasan pelanggan. Kemajuan teknologi mendorong perusahaan melakukan terobosan salah satunya memadukan strategi bisnis CRM dengan teknologi informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan dibangunnya CRM yang dipadukan dengan teknologi informasi, sehingga diharapkan dapat membantu pemantauan proses perbaikan produk yang dikeluhkan pelanggan, sekaligus memantau kinerja sales dengan lebih mudah. Sistem Informasi CRM Indostamping ini dibangun berbasis website menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework CodeIgniter, Oracle 11g dan MySQL untuk basis data dan support tools JQuery Responsive DataTables dan PHPMailer. Hasil dari penelitian ini adalah berupa Sistem Informasi CRM yang terbukti dapat membantu dalam meningkatkan pemantauan terhadap proses penanganan keluhan serta pemantauan laporan kinerja sales.
Copyrights © 2019