PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

PERBANDINGAN METODE DISKUSI DAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG KELAS VIII MTs USB SAGULUNG BATAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Dian Mayasari (Universitas Riau Kepulauan)
Ismarti Ismarti (UNiversitas Riau Kepulauan)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2017

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan metode diskusi dan demonstrasi di kelas VIII MTs USB Sagulung Batam tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian adalah penelitian komparatif.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs USB Sagulung Batam yang berjumlah 4 kelas.  Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling.  Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIA dan VIIIB dengan total 62 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t.Dari analisis data dengan uji t pada taraf signifikansi α=0,05 dan dk = 60 diperoleh nilai thitung (2,914) ttabel (2,000) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.  Dari uji statistic disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar matematika pokok bahasan bangun ruang kelas VIII MTs USB Sagulung Batam yang pembelajarannya menggunakan metode diskusi dengan metode demonstrasi. Kata kunci: metode diskusi, metode demonstrasi, hasil belajar matematika      siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnalphythagoras

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of ...