Journal of Teaching and Learning Physics
Vol 3, No 1 (2018): Journal of Teaching and Learning Physics (Februari 2018)

UJI KECEPATAN SESAAT MELALUI GERAK PARABOLA MENGGUNAKAN SOFTWARE TRACKER PADA PERMUKAAN GESEK

Muhamad Fasha Nurfauzan (Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Santi Santi (Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Sarah Nur Rahmawati (Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Marnita Geptia Sari (Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini menguji kecepatan sesaat pada sebuah sistem bola tipis berongga yang menggelinding pada bidang lengkung tanpa kecepatan awal. Percobaan dilakukan denganĀ  mengubah kekasaranĀ  bidang lintasan lengkung yang dilalui bola. Lintasan pertama memiliki kekasaran yang lebih besar daripada lintasan kedua yang nilai koefien gesek dapat diabaikan. Percobaan ini dilakukan dengan menganalisa titik jatuh bola sebagai sumbu x dan titik pelepasan bola sebagai sumbu y secara analitik dan ekperimental. Secara eksperimen yaitu dilakukan dengan cara melepaskan bola dari puncak bidang lengkung dan menandai titik jatuh bola saat sampai ke dasar. Gerakan bola selama meluncur direkam menggunakan video recorder handphone, lalu dianalisis menggunakan software traker. Pengolahan data dilakukan melalui proses manual menggunakan rumus gerak parabola, hukum kekekalan energi mekanik. Sofware tacker sendiri berfungsi sebagai analisis vidio pada setiap tracket. Selanjutnya menbandingkan nilai kecepatan relatif pada kedua sistem yaitu bidang kasar dan bidang licin. Hasil percobaan menunjukan bahwa.lintasan licin memiliki kecepatan sesaat lebih besar daripada kecepatan sesaat pada lintasan kasar. Dengan nilai secara pehitungan lintasan licin 1,431 m/s dan lintasan kasar 1,323 m/s. Sedangkan dengan menggunakan tracker nilai kecepatan sesaat pada gerak parabola di lintasan licin adalah 1,712 m/s dan di lintasan kasar adalah 1,589 m/s.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jtlp

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics is a peer-reviewed journal on Physics Education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal is published by Departement of Physics Education Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati ...