Journal of Teaching and Learning Physics
Vol 3, No 1 (2018): Journal of Teaching and Learning Physics (Februari 2018)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN ”IDEAL” TERBIMBING MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI

Bondan Priyandaru (MTs Muhammadiyah Sodo, Jl. Ki Ageng Giring, Sodo, Paliyan, Gunungkidul)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika pada pembelajaran dengan pendekatan “IDEAL” terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode demonstrasi pada pokok bahasan pengukuran di SMP N 1 Tanjungsari. Hasil belajar tersebut mencakup ranah kognitif dan psikomotorik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan rancangan eksperimen pretest-posttest (pada ranah kognitif). Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik random dengan menggunakan rumus Cohran. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungsari, dan sampelnya adalah 28 siswa dari kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang diberikan pengajaran dengan pendekatan “IDEAL” terbimbing dengan metode eksperimen dan 28 siswa dari kelas VII B sebagai kelas kontrol yang diberikan pengajaran dengan pendekatan “IDEAL” terbimbing dengan metode demonstrasi. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa ranah kognitif antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol tetapi ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada ranah psikomotorik. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jtlp

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics is a peer-reviewed journal on Physics Education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal is published by Departement of Physics Education Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati ...