Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 4, No 4 (2019): Volume 4 Nomor 4, November 2019

Peningkatan Hasil Belajar Mekanika Teknik dengan Model Pembelajaran Ekspositori

Berowiyana Berowiyana (SMK Negeri 1 Blitar)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Prestasi belajar mekanika teknik siswa kelas X DPIB 1 SMK Negeri 1 Blitar ditunjukan nilai P dan K pada materi redoks yang belum mencapai batas ketuntasan secara klasikal sebesar 85%. Hal ini terutama disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan kurang sesuai. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran ekspositori untuk meningkatkan hasil pembelajaran mekanika teknik siswa kelas X DPIB 1 SMK Negeri 1 Blitar. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat ketuntasan awal pengetahuan dan keterampilan sebesar 44% dan 61%. Dengan penerapan model pembelajaran ekspositori dan dengan taktik mengajar tertentu, tingkat ketuntasan meningkat menjadi 61% dan 78% (pada siklus 1) dan meningkat lagi menjadi 89% dan 94% (pada siklus 2), sehingga hasil belajar mekanika teknik pada bahasan konstruksi rangka batang kelas X DPIB 1 SMK Negeri 1 Blitar bisa mencapai ketuntasan belajar secara klasikal.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...