Kepala madrasah belum mengambil inisiatif untuk mendekati pengajar untuk mengetahui kendala yang dialami dan belum intensif dalam menerapkan pendekatan klinis. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses pengawasan akademik meliputi; merencanakan, melaksanakan dan menindaklanjuti hasil pengawasan di Madrasah Aliyah Darussalam Sumedang, Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, pelaksanaan supervisi akademik dilakukan dengan menyusun program supervisi akademik dan membentuk tim supervisi. Kedua, pelaksanaan supervisi akademik menggunakan pendekatan dan teknik; kunjungan kelas, mengamati kegiatan pengajar, mengamati penguasaan bahan ajar, melakukan diskusi kelompok. Ketiga, menindaklanjuti hasil supervisi akademik pengajar dengan membahas metode pembelajaran, penggunaan dan teknik penilaian, penggunaan media pembelajaran dan penggunaan waktu dalam pembelajaran.
Copyrights © 2019