Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019

Pengaruh Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika pada Matakuliah Termodinamika

Yuniar Alam (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2019

Abstract

Proses belajar mengajar sangat menentukan keberhasilan hasil belajar, strategi pembelajaran bergantung pada kepiawaian pengajar dalam menggunakan metode dan teknik pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mencari pengaruh hasil belajar termodinamika menggunakan penguasaan keterampilan proses sains pada mahasiswa UNU Blitar dengan menggunakan teknik wawancara terstruktur, angket dan instrumen. Pembelajaran menggunakan keterampilan proses sain menunjukan peningkatan yang signifikan dalam mencapai hasil belajar dimana siswa lebih mudah memahami dan mengerti dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Teknik Pengumpulan data menggunakan pretest-postest dengan indicator yang sesuai dengan pembelajaran. Hasil data menunjkan bahwa keterampilan proses sain memiliki pengaruh yang signifikan untuk proses pembelajaran fisika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...