Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 4, No 4 (2019): Volume 4 Nomor 4, November 2019

Penggunaan Model Time Token Arends Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Pembelajaran Menyimak Laporan Perjalanan Siswa Kelas VIIIA SMPN 1 Jelbuk Jember

Indana Mardiani (SMP 11 Jember)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Permasalahan yang dihadapi guru pada siswa kelas VIIIA SMPN 1 Jelbuk adalah kemampuan siswa dalam menyimak laporan perjalanan masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal0 yang ditentukan sekolah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru menerapkan model Time Token Arends. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan diterapkannya model Time Token Arends dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyimak laporan perjalanan pada siswa kelas VIIIA SMPN 1 Jelbuk Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016. Prosedur penelitian dilakukan dengan observasi awal, pada tahap ini nilai yang diperoleh siswa adalah 76 dengan ketuntasan klasikal mencapai 70 % dan terdapat 11 siswa yang belum tuntas. Penelitian dilanjutkan dengan siklus I yang memperoleh rata-rata nilai 81 dan ketuntasan klasikal 81 %. Pada siklus II, ketuntasan klasikal mencapai 95% dan nilai rata-rata kelas 87 dan ada 2 siswa yang tidak mencapai KKM. Penelitian pada siklus II model Time Token Arends dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menyimak laporan perjalanan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...