Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika
Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika

REPRESENTASI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARISAN BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN SISWA

Prasanti, Devinta Reza (Unknown)
Susiswo, Susiswo (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi dalam menyelesaikan masalah barisan berdasarkan tingkat kemampuan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan hasil tes pengetahuan prasyarat, sedangkan data diperoleh dari hasil tes kemampuan representasi matematis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam menyelesaikan masalah barisan, siswa berkemampuan tinggi menggunakan representasi verbal, visual, dan simbolik. Siswa berkemampuan tinggi melakukan keempat tahap penyelesaian masalah sehingga memperoleh jawaban yang benar. Sedangkan siswa berkemampuan sedang hanya menggunakan representasi verbal dan simbolik. Siswa berkemampuan sedang tidak melakukan tahap memeriksa kembali pada salah satu masalah, tetapi jawaban yang diperoleh benar. Sementara siswa berkemampuan rendah menggunakan representasi verbal, visual, dan simbolik. Pada saat menyelesaian masalah, siswa berkemampuan rendah tidak melakukan tahap memeriksa kembali pada kedua masalah, dan jawaban yang diperoleh salah.

Copyrights © 2018