Setiap siswa harus belajar matematika dengan pemahaman (Ghazali, 2011). Salah satu cara meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar matematika adalah dengan menerapkan pembelajaran menggunakan bahan manipulatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bahan manipulatif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis penelitian tindakan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 16 siswa kelas VII E di SMP IT Asy-syadzili Pakis. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan bahan manipulatif dalam pembelajaran matematika dapat meningkatka pemahaman siswa. Pada siklus I hasil tes akhir siswa menunjukkan 64,29 siswa memperoleh nilai lebih dari 70 meningkat pada siklus II 73,80% siswa memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 70.
Copyrights © 2018