Tujuan penelitian ini untuk memeberikaninformasi tentang implementasi layanan 1) layananorientasi, 2) layananinformasi, 3) layanan penempatandan penyaluran. Penelitian ini menggunakan metodedeskriptif kualitatif. Metode pengumpulan datameliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi.Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi.Teknik analisis data menggunakan pengumpulandata, reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingankarier di SMK Negeri 6 Yogyakarta baik, meliputi:(1) Layanan orientasi dilakukan secara klasikal danindividual,bekerjasama dengan dunia industri, walikelas, komite, dan orang tua siswa. Strategi yangdilakukan guru dalam layanan orientasi kepada siswadengan menggunakan media PowerPoint, diskusi, danjuga tanya jawab. (2) Layanan informasi dilakukanuntuk memberikan informasi pendidikan, jabatan,sosial budaya, dan pendidikan tinggi. (3) Layananpenempatan dan penyaluran dilakukan melaluiinventarisasi data pribadi siswa, studi dokumentasi,menentukan bentuk-bentuk penempatan, dan konselor.
Copyrights © 2018