Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap teori behaviorisme Albert Bandura, serta implikasinya dalam pembelajaran bahasa Arab. Dibutuhkan adanya kajian mendalam untuk membedah teori behaviorisme Bandura, yang merupakan tokoh baru dalam perkembangan teori belajar yang telah lama dianut oleh para pengajar ini. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka, mengandalkan sumber bibliografi berupa buku dan jurnal ilmiah hasil penelitian yang berkaitan, menggunakan metode analisis deskriptif untuk membaca data dan menganalisis pemikiran berhaviorisme Bandura. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program pembelajaran observasional (modeling), yang lebih dikenal dengan social learning theory dan personality psychology, serta program-program yang berpijak pada konsep stimulus-respons, yang dikemukakan oleh Bandura, mempunyai implikasi dalam pembelajaran bahasa Arab. Implementasi yang dapat digunakan di antaranya adalah: penyajian materi banyak dengan ḥiwār, peniruan idiom, pembiasaan, dengan tidak mengajarkan qawā’id secara terpisah. Kemudian, kesemua tujuan pembelajarannya dapat dicapai dengan optimalisasi lingkungan bahasa (bī’ah/environment).
Copyrights © 2019