Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Vol 5, No 1 (2019)

KESETERAAN GENDER TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM

Abdul Gani Jamora Nasution (PGMI FITK UIN Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
06 May 2019

Abstract

Paper ini mencoba mengulas persoalan isu gender ditinjau dari pendidikan Islam. Diperdapatinya apriori atas nama jenis kelamin dalam pendidikan sebenarnya bermuara pada ketidakpahaman terhadap semangat api Islam itu sendiri. Kesetaraan gender pandangan pendidikan Islam memberikan seluas-luasnya untuk mengembangkan potensi dalam diri manusia, yang ultimate goalnya adalah untuk menjadi insan kamil (manusia yang sempurna) dengan muatan posisi ‘abid (hamba) dan khalifah di muka bumi. Kajian ini merupakan studi pustaka. Rekomendasinya adalah bahwa tataran normative pendidikan Islam yang bersumber dari al-Qur’an dan hadis memberikan peluang terhadap laki-laki dan perempuan untuk mengembangkan potensi dengan ilmu pengetahuan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ihya

Publisher

Subject

Education

Description

Ihya' al 'Arabiyah is a peer-reviewed academic journal, established in 2015 as part of the UIN Sumatera Utara Medan. Ihya' Journal is dedicated to the publication of scholarly articles in various branches of Arabic Studies, by which exchanges of ideas as research findings is facilitated. Ihya' ...