Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 4, No 3 (2016): OKTOBER 2016

Perbedaan Hasil Belajar PA Siswa Melalui Metode Problem Posing dan Metode Problem Solving Di SMP Negeri 26 Banjarmasin

Noor Muazzamah (Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Syubhan Annur (Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Sarah Miriam (Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa melalui metode problem posing dan metode problem solving di SMP Negeri 26 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan randomized pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Banjarmasin, dimana teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas sampel yaitu, VIIIB sebagai kelas eksperimen I dan VIIID sebagai kelas eksperimen II. Instrument penelitian yang digunakan adalah Tes Hasil Belajar, yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji t, diperoleh bahwa thitung sebesar 0,245 kurang dari ttabel sebesar 1,997. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan penerapan metode problem posing dan metode problem solving terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2016