EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 1 (2018)

Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dalam Pembelajaran Matematika untuk Membina Karakter Kreatif dan Tanggung Jawab

Chairil Faif Pasani (Lambung Mangkurat University)
Fista Damayanti (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2018

Abstract

Sekarang ini nilai-nilai karakter semakin memudar, sehingga pendidikan karakter perlu diterapkan salah satunya melaui pendidkan sekolah khususnya karakter kreatif dan tanggung jawab. Model pembelajaran group investigation adalah model yang dapat membina karakter kreatif dan tanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah membina karakter kreatif dan tanggung jawab serta memperbaiki hasil belajar siswa dengan mengunakan penerapan model pembelajaran group investi­gation dan menganalisis hubungan antara karakter kreatif dan tanggung jawab dengan hasil belajar. Metode penelitiannya adalah quasi eksperimen. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIIIB SMPN 1 Banjarmasin. Teknik mengumpulkan data dengan observasi kelas dan tes uraian. Teknik penyelidikan data fakta dengan memakai statistika penjabaran dan inferensial. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran group investigation dapat membina karakter kreatif dan tanggung jawab siswa serta bisa memperbagus nilai siswa, ada kaitan antara perilaku  kreatif dan tanggung jawab dengan nilai siswa.Kata Kunci: group investigation; kreatif; tanggungjawab

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edumat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

EDU-MAT adalah jurnal yang didirikan pada tahun 2013 di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. EDU-MAT merupakan kumpulan artikel hasil penelitian maupun kajian dosen, peneliti, guru, maupun mahasiswa di bidang pendidikan matematika ...