SAINTIFIK@ : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 3, No 1 (2018): Edisi Maret 2018

PENERAPANPENDEKATANBRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKANHASILBELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 13 KOTA TERNATEPADAKONSEP GETARANDAN GELOMBANG

Ika Dyah Ulmawati (Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unkhair)
Nurlaela Muhammad (Dosen Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unkhair)
Sumarni Sahjat (Dosen Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unkhair)



Article Info

Publish Date
24 May 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian inia dalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelasVIII A SMP Negeri 13 Kota Ternate pada konsep getaran dan gelombang dengan penerapan pendekatan brain based learning. Desain penelitian ini  adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A dengan 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal-soal tes dalam bentuk essay  pada  tahap evaluasi, lembar  observasi untuk guru dan lembar aktifitas siswa. Pada siklus I terdiri atas 8 soal essay dengan jumlah skor total 54, dan pada siklus II terdiri dari 9 soal essay dengan jumlah skor total 51. Setelah data dianalisis, diperoleh pada siklus I aktivitas guru 55,57%, aktivitas siswa rata-rata54,4%, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 orang atau 52%. Pada siklus II data yang diperoleh, aktivitas siswa meningkat menjadi 80,26%, aktivitas guru 80%, jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 20 orang atau 80% . Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan brain based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep getaran dan gelombang KataKunci: Brain based learning, Hasil Belajar, Getaran dan Gelombang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Saintifik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL ini memuat tentang topik-topik bidang ilmu MIPA dan pembelajarannya, bagi dosen yang akan diterbitkan sesuai kajian akademik. RUANG LINGKUP JURNAL INI ADALAH AKAN MENERBITKAN TOPIK SEBAGAi BERIKUT: 1. Bidan Matematika dan Pembelajarannya 2. Bidang Fisika dan Pembelajarannya 3. Bidang Biologi ...