SAINTIFIK@ : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 4, No 2 (2019): EDISI OKTOBER 2019

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Debate terhadap Keterampilan Berargumentasi Siswa SMA IT Nurul Hasan Kota Ternate Kelas X pada Konsep Hukum Newton

Irfandi Rudin (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unkhair)
Sumarni Sahjat (Dosen Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unkhair)
Astuti Salim (Dosen Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unkhair)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh model pembelajaran Debate terhadap keterampilan berargumentasi siswa pada konsep hukum Newton. 2) Besar pengaruh model pembelajaran Debate terhadap keterampilan berargumentasi siswa pada hukum Newton, di SMA IT Nurul Hasan Kota Ternate. Metode yang digunakan adalah metode pre-experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA IT Nurul Hasan Kota Ternate dengan sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 siswa dengan teknik pengambilan sampel adalah (one-shot case study). Teknik pengumpulan data  adalah teknik penilaian unjuk kerja dan non tes berupa angket, teknik analisis data menggunakan uji statistik regresi dan korelasi. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Debate terhadap keterampilan berargumentasi siswa. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik keberartian regresi dan keberartian korelasi guna untuk melihat pengaruh model Debate terhadap keterampilan berargumentasi  siswa diperoleh nilai 5,26>2,12 dan thit>ttab atau 4,21>2,08 sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh antara penggunaan model Debate terhadap keterampilan berargumentasi siswa dapat diterima. Berdasarkan hasil analisi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan model Debate terhadap keterampilan berargumentasi siswa pada konsep hukum Newton di SMA IT Nurul Hasan Kota Ternate. Besar pengaruh model Debate terhadap keterampilan berargumentasi siswa ditunjukan dengan koefisien determinan yaitu sebesar 47,61%. Kata Kunci : Model debate, keterampilan berargumentasi, hukum Newton

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Saintifik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL ini memuat tentang topik-topik bidang ilmu MIPA dan pembelajarannya, bagi dosen yang akan diterbitkan sesuai kajian akademik. RUANG LINGKUP JURNAL INI ADALAH AKAN MENERBITKAN TOPIK SEBAGAi BERIKUT: 1. Bidan Matematika dan Pembelajarannya 2. Bidang Fisika dan Pembelajarannya 3. Bidang Biologi ...