SAINTIFIK@ : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 3, No 2 (2018): Edisi Oktober 2018

ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII-8 SMP NEGERI 257 JAKARTA

Dityas Fajar Septina (Sekolah Menengah Pertama Negeri 257 Jakarta)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar, dan untuk mengetahui berapa besar hubungan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII-8 SMP Negeri 257 Jakarta, DKI Jakarta yang berjumlah 35 siswa.  Hasil penelitian dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh harga r­ sebesar 0,04 dan harga koefosien determinasi   r2 sebesar 0,0016 atau 0,016  persen. Hal ini   menunjukkan bahwa sebesar 0,16 persen variasi yang terjadi pada variabel Y (hasil belajar) dapat dipengaruhi oleh variabel X (aktivitas belajar). Melalui pengujian keberartian koeefisien korelasi diperoleh harga thitung sebesar 0,23  dan harga ttabel  dari daftar distribusi diperoleh ttabel sebesar 2,75. Dibandingkan kedua harga t tersebut antara thitung dengan ttabel diperoleh bahwa thitung lebih kecil  dari ttabel atau 0,23 <2,75.  Ini berarti bahwa terdapat hubungan yang berarti antara aktivitas belajar (X) dan Hasil belajar (Y) siswa kelas VII-8 SMP Negeri 257 Jakarta.Kata Kunci:  Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Matematika

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Saintifik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL ini memuat tentang topik-topik bidang ilmu MIPA dan pembelajarannya, bagi dosen yang akan diterbitkan sesuai kajian akademik. RUANG LINGKUP JURNAL INI ADALAH AKAN MENERBITKAN TOPIK SEBAGAi BERIKUT: 1. Bidan Matematika dan Pembelajarannya 2. Bidang Fisika dan Pembelajarannya 3. Bidang Biologi ...