SAINTIFIK@ : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 3, No 2 (2018): Edisi Oktober 2018

PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI PENDIDIKANKEBENCANAAN TERHADAP PENGUASAAN MATERI SISWA DI SMKNEGERI 1 HALMAHERA BARAT

Fauji Suharto (Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unkhair)
Rohima Wahyu Ningrum (Dosen Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unkhair)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terintegrasi pendidikan kebencanaan terhadap penguasaan materi siswa dan besar pengaruh pembelajaran fisika trintegrasi kebencanaan terhadap penguasaan materi. Desain penelitiannya yaitu desain eksperimen one-shot cose study dengan instrument yang digunakan adalah soal tes dan angket. Adapun teknik pengumpulan data adalah Teknik Tes dalam bentuk essay yang berjumlah 9 item dengan skor total 40 dan teknik analisis data menggunakan statistik uji-t.Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran terintegrasi pendidikan kebencanaa terhadap penguasaan materi siswa. Hal ini dapat ditunjukan dengan perolehan data dianalisis dengan menggunakan uji regresi sederhana di peroleh Y= 33,9 1 + 0,04 X, pengujian keberartian persamaan regresi diperoleh Fhit = 4,69 dan Ftab = 4,3 5, untuk kelinieran persamaan regresi diperoleh Fhit = 1,78 dan Ftab = 2,97 koefesien korelasi diperoleh nilai r = 0,40 sedangkan untuk menguji keberartian korelasi diperoleh thit = 1,95 dan ttab = 1,725                                               Kata kunci:Pembelajaran Fisika Terintegrasi, Pendidikan Kebencanaan, Penguasaan materi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Saintifik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL ini memuat tentang topik-topik bidang ilmu MIPA dan pembelajarannya, bagi dosen yang akan diterbitkan sesuai kajian akademik. RUANG LINGKUP JURNAL INI ADALAH AKAN MENERBITKAN TOPIK SEBAGAi BERIKUT: 1. Bidan Matematika dan Pembelajarannya 2. Bidang Fisika dan Pembelajarannya 3. Bidang Biologi ...