Setiap perusahaan atau organisasi perlu untuk menentukan strategi promosi untuk mengenalkan perusahaan atau organisasinya. Penentuan strategi promosi yang tepat akan dapat mengurangi biaya promosi dan mencapai sasaran promosi yang lebih tepat. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menggali pengetahuan yang dapat dipergunakan untuk rencana promosi adalah dengan menggunakan analisis asosiasi. Analisis Apriori merupakan teknik data mining untuk menemukan aturan assosiatif kombinasi item. Algoritma Apriori merupakan salah satu teknik dalam analisis asosiasi. Penelitian dilakukan dengan mengamati beberapa variabel yang dipertimbangkan oleh perguruan tinggi dalam menentukan rencana promosinya yaitu daerah asal mahasiswa, jurusan mahasiswa, dan jenis sekolah menengah atas. Hasil dari penelitian ini digunakan sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan untuk menentukan strategi promosi berdasarkan nilai support dan confidence untuk pemilihan jurusan mahasiswa berdasarkan daerah asal mahasiswa dan jenis sekolah menngah atas. Itemset yang mempunyai nilai support lebih dari 2% ada 13 itemset. Aturan asosiasi yang untuk pemilihan program studi berdasarkan kota asal dan jenisSMA ada 16 aturan
Copyrights © 2019