JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer)
Vol 4, No 1 (2019)

ANALISIS ASOSIASI UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PROMOSI PERGURUAN TINGGI DENGAN ALGORITMA APRIORI

Erna Hudianti Pujiarini (STMIK AKAKOM)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2019

Abstract

Setiap perusahaan atau organisasi perlu untuk menentukan strategi promosi untuk mengenalkan perusahaan atau organisasinya. Penentuan strategi promosi yang tepat akan dapat mengurangi biaya promosi dan mencapai sasaran promosi yang lebih tepat. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menggali pengetahuan  yang dapat dipergunakan untuk rencana promosi adalah dengan menggunakan analisis asosiasi. Analisis Apriori merupakan teknik data mining untuk menemukan aturan assosiatif  kombinasi item. Algoritma Apriori merupakan salah satu teknik dalam analisis asosiasi. Penelitian dilakukan dengan mengamati beberapa variabel yang dipertimbangkan oleh perguruan tinggi dalam menentukan rencana promosinya yaitu  daerah asal mahasiswa, jurusan mahasiswa, dan jenis sekolah menengah atas. Hasil dari penelitian ini digunakan sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan untuk menentukan strategi promosi berdasarkan nilai support dan confidence untuk pemilihan jurusan mahasiswa berdasarkan daerah asal mahasiswa dan jenis sekolah menngah atas. Itemset yang mempunyai nilai support lebih dari 2% ada 13 itemset. Aturan asosiasi yang untuk pemilihan program studi  berdasarkan kota asal dan jenisSMA ada 16 aturan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jiko

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer) is a scientific journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat of Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM) Yogyakarta, Indonesia. First published in 2016 for a printed and online version. We receive original research ...