Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area
Vol 7, No 2 (2019): PUBLIKAUMA DESEMBER 2019

Inovasi Pelayanan melalui Aplikasi “Dukcapil Dalam Genggaman” oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta

Cahyaningrum, Anisa (Universitas Sebelas Maret)
Ardhian Nugroho, Rino (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2019

Abstract

Kesadaran akan pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan di Surakarta masih rendah di tahun 2017, dengan angka kepemilikan terendah yakni kartu identitas anak sekitar 62.38%, sehingga menjadi tugas dari Dispendukcapil Kota Surakarta untuk meningkatkan pelayanannya, salah satunya melalui inovasi dengan memanfaatkan teknologi, sehingga memunculkan aplikasi android yang dinamakan ?dukcapil dalam genggaman?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan inovasi pelayanan kartu identitas anak melalui aplikasi ?dukcapil dalam genggaman? oleh Dispendukcapil Kota Surakarta berdasarkan tipologi inovasi menurut Perry yaitu produk (keluaran), layanan (opersional), proses (organisasional), konseptual, kebijakan, dan sistemik. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dengan wawancara dan dokumentasi, pemilihan informan pelaksana menggunakan snowball sampling, sedangkan pengguna menggunakan purposive sampling. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan inovasi pelayanan kartu identitas anak melalui aplikasi ?dukcapil dalam genggaman? dari 6 tipologi inovasi, hanya dimensi organisasional pada tipologi proses (organisasional) sistemik yang tidak memenuhi. Hal tersebut terjadi karena tidak adanya perubahan pada struktur organisasi dari dinas. Pada inovasi sitemik, masih adanya kendala jaringan yang ditemukan pada penggunaan layanan. Adanya inovasi tersebut dapat mengatasi permasalahan sebelum inovasi ini diciptakan.

Copyrights © 2019