Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol 6, No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF DAN METODE CERAMAH PADA PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK YP GAJAH MADA

Misna wati (Unknown)
imam Syofii (Unknown)
Darlius MM.,M.Pd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih secara acak. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar siswa yang menggunakan metode PISK serta ceramah dan berapa besar perbedaan prestasi belajar yang didapatkan siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik di SMK YP Gajah Mada. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisa data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabelitas, uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang menggunakan metode PISK rata-rata nilai 80, hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah 72, terdapat perbandingan prestasi belajar siswa antara metode PISK dan metode ceramah. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t untuk thitung  yaitu 1.95 lebih besar daripada ttabel yaitu 1.68. dari hasil penelitian menunjukkan metode eksperimen dapat digunakan dalam proses pembelajaran.                 Kata-kata kunci: Eksperimen Semu, Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif, Metode Ceramah, Prestasi Belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ptm

Publisher

Subject

Automotive Engineering Education Engineering Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN: Kajian Teori dan Praktik Pembelajaran Teknik Mesin, merupakan Berkala yang terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis-kritis di bidang pembelajaran teknik ...