EMPATI
Vol 6, No 2 (2019): Empati

KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF INSTRUCTION DAN THOUGHT STOPPING UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM KORBAN BULLYING

Dewi Rostiana (Unknown)
Mungin Eddy Wibowo (Unknown)
Edy Purwanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling kelompok teknik self instruction dan thought stopping untuk meningkatkan self esteem korban bullying siswa kelas VII di MTs Al Hikmah Proto Kedungwuni Kota Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan eksperimen, desain randomized pretest- posttest control group design dengan melibatkan subjek penelitian sebanyak 21 orang yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan teknik self instruction yang terintegrasi dengan teknik thought stopping  jauh lebih  efektif untuk meningkatkan self esteem korban bullying. siswa MTs Al Hikmah Proto Kedungwuni Kota Pekalongan.Kata kunci: konseling kelompok, teknik self instruction, teknik thought stopping, self esteem korban bullying.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

EMPATI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

EMPATI - Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan jurnal ilmiah hasil penelitian di bidang Bimbingan dan Konseling, yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP Universitas PGRI Semarang. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, dibulan April dan Oktober, untuk memasukkan ...