Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol 5 No 2, Sept (2019): Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam

ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN BERKARAKTER DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Manajemen Pendidikan Karakter Perspektif E. Mulyasa)

Zaedi, Muhamad (Unknown)
Rizkia, Redha Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis model pembelajaran berkarakter dan relevansinya terhadap pendidikan islam berdasarkan studi pemikiran Prof. Dr. Mulyasa. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka (library research). Hasilnya menunjukan bahwa model pembelajaran berkarakter adalah model belajar dengan menggunakan metode pembiasaan dan keteladanan, pembinaan disiplin, hadiah dan hukuman, CTL (contectual teaching and learning), bermain peran (role playing), dan pembelajaran partisipatif (Participative intruction). Dari beberapa model pembelajaran tersebut diharapkan dapat menciptakan suasana yang efektif dan efisien dan dapat membentuk karakter siswa yang baik. Adapun relevansi tentang model pembelajaran berkarakter menurut E.Mulyasa dengan pendidikan Islam yaitu memiliki keterkaitan atau tujuan yang sama, yaitu keduanya sama-sama ingin membentuk karakter/akhlak yang berakhlakul kharimah yang mana itu merupakan tujuan sebenarnya dari pendidikan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...