MALIH PEDDAS
Vol 9, No 1 (2019): MALIH PEDDAS, Volume 9, Nomor 1

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS)

aisyah melati sukma (universitas muhammadiyah purwokerto)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2020

Abstract

Latar belakamg penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar peserta didik menjadi suatu permasalahan yang harus diatasi, Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik, perlu diadakan perbaikan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai yaitu mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor Kelas V Di Sd Negeri 4 Kotayasa melalui penggunaan model Children Learning In Science (CLIS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di Di Sd Negeri 4 Kotayasa pada semester 2 tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 24 peserta didik yang terdiri dari terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Alat pengumpulan data menggunakan lembar tes evaluasi dalam bentuk uraian, lembar penilaian afektif, lembar penilaian psikomotor, lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi peserta didik, serta dokumentasi. Hasil peningkatan yang terjadi dapat dilihat pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema 8 lingkungan sahabat kita kelas V SD Negeri 4 Kotayasa, kecamatan Sumbang, Banyumas.

Copyrights © 2019