Evolusi dan revolusi teknologi menbawa perubahan di berbagai bidang, termasuk dunia pendidikan. Sejalan dengan alih generasi yang membawa karakterisktik masing-masing, pembelajaran konvesional mengalami tansformasi melalui pemanfaatan teknologi informasi seperti komputer, Internet dan mobile dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas bagaimana pengaruh pembelajaran menggunakan Blended Learning dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap keterlibatan pebelajar dan pembelajar dalam proses pembelajaran sebagai kesiapan dalam menghadapi tantangan pendidikan berbasis TIK di Era Industri 4.0. Menerapkan metode analisis deskriptif, studi ini dilakukan dengan metode pre, during dan post?event yang merupakan kombinasi pembelajaran konvensional melalui pertemuan tatap muka, maupun secara online melalui E-Learning dan korespondensi, serta pengadaan survey di akhir semester untuk mendapatkan umpan balik dari mahasiswa. Hasil studi merefleksikan bahwa pembelajaran dengan metode Blended Learning lebih efektif dan dapat diterima oleh pembelajar di pendidikan tinggi yang sebagian besar merupakan generasi milenial.
Copyrights © 2018