Civis: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 8, No 2 (2019): JULI 2019

PANCASILA SEBAGAI LANDASAN ETIS PENDIDIKAN DI INDONESIA

Cathrin, Shely (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2019

Abstract

Dunia pendidikan adalah salah satu bidang yang paling dinamis di dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia. Berbagai perubahan dan penyempurnaan senantiasa dilakukan guna terselenggaranya sistem pendidikan yang tepat bagi warga negara. Persoalannya, namun demikian tidaklah semudah yang dibayangkan, karena berbagai persoalan baru masih saja muncul di dalam dunia pendidikan di Indonesia. Oleh karena alasan ini pula berbagai macam praktek pelaksanaan pendidikan telah dilakukan secara berulang-ulang misalnya dengan mengubah kurikulum pendidikan nasional. Salah satu faktor yang penting di dalam keseluruhan proses perubahan tersebut terletak pada persoalan standar etis pelaksanaan pendidikan di Indonesia, yang berkaitan dengan standar etis atau baik dan buruknya pelaksanaan pendidikan di Indonesia. Perubahan tersebut bukan hanya dimaksudkan untuk penyempurnaan di dalam pelaksanaan sistem pendidikan nasional, tetapi juga dimaksudkan agar pelaksanaan pendidikan di Indonesia bisa sesuai dengan perkembangan zaman, khususnya di era globalisasi.Kata kunci: pendidikan, filsafat, etika, paradigma, Pancasila

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

civis

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

The focus of CIVIS is to provide scientific articles on social science dan Pancasila that developed in attendance through article publications, research reports, and book reviews. SCOPE: CIVIS journal welcomes papers from academicians on theories, philosophy, conceptual paradigms, academic research, ...