Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 1 (2019)

PERANAN KAHOOT! TERHADAP PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Ayu Wulandari (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2020

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses sistematis yang ditempuh untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia secara holistik.sejalan dengan tujuan bangsa Indonesiayang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 dan Batang Tubuh UUD 1945 pada Pasal 28B ayat (1). Namun, peringkat Indonesia dalam bidang pendidikan masih di bawah Singapura, Vietnam, dan Thailand. Salah satu caranya adalah melalui peningkatan kualitas pembelajaran dengan pembaruan pendekatan, pemilihan metode dan media, serta peningkatan relevansi metode mengajar. Pemilihan media ajar haruslah disesuaikan dengan kondisi yang ada dalam lingkungan pembelajaran. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam memilih media ajar, seperti tujuan pembelajaran, metode, memahami karakteristik media dan peserta didik, situasi, dan kondisi. Sebagai seorang pendidik, pemilihan dan penggunaan media pengajaran haruslah mempertimbangkan hal-hal berikut, yaitu: 1) pendidik dapat memperagakan media sesuai dengan pesan yang ingin disampakan; 2) jika media atau objek yang akan diperagakan tidak memungkinkan untuk dibawa ke dalam kelas, maka kelas yang dibawa ke objek tersebut atau membuat tiruannya; dan 3) jika media yang dicari tidak juga didapatkan, maka pendidik dapat mencari atau membuat tiruan dari objek tersebut. Kahoot! merupakan media pembelajaran online yang berisi kuis atau permainan online. Kahoot adalah aplikasi online di mana kuis dapat dikembangkan dan disajikan dalam format “permainan”. Poin diberikan untuk jawaban yang benar dan peserta didik yang berpartisipasi akan segera melihat hasil tanggapan mereka. Untuk membuat game. Kahoot dibutuhkan pengguna untuk masuk ke web Kahoot (http://getkahoot.com). Setelah memiliki akun Kahoot, pengguna dapat menciptakan pertanyaan menggunakan fitur yang tersedia. Kata kunci: Kahoot!, pembelajaran, peserta didik 

Copyrights © 2019