Fisika adalah ilmu tentang gejala alam dan perilaku alam sepanjang dapat diamati oleh manusia. Fisikapenting dalam kehidupan manusia karena banyak peristiwa dalam kehidupan yang melibatkan ilmu fisikabaik yang disadari maupun tanpa disadari. Namun pengaplikasian fisika yang bersifat nyata padaumumnya tidak mudah untuk diajarkan di kelas. Salah satu solusi yang dapat digunakan untukmemudahkan pembelajaran fisika adalah penggunaan bahan ajar kontekstual. Pada bahan ajar kontekstualkhususnya bidang fisika, materi yang dicantumkan dalam bahan ajar merupakan hasil kajian konsep fisikayang berkaitan dengan kejadian kontekstual di alam. Kejadian kontekstual yang dipilih merupakanfenomena yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Namun bahan ajar fisika selama ini masihbersifat linier, yaitu bahan ajar hanya menyajikan konsep dan prinsip, contoh soal, dan latihan soal.Sehingga perlu dilakukan penelitian mengenai pembuatan bahan ajar kontekstual khususnya pada kajianmateri fisika. Telah dilakukan penelitian mengenai kajian tumbukan sentral dan tak sentral padapermainan billiards. Penelitian ini menghasilkan data-data kontekstual berkaitan dengan materi tumbukandiantaranya kecepatan linier , momentum linier , dan koefisien restitusi . Data-data yangdiperoleh akan diolah dan dibuat suatu rancangan bahan ajar fisika SMA. Rancangan bahan ajar yangdibuat diharapkan dapat menjadi acuan dalam pembuatan bahan ajar fisika kontekstual materi tumbukan.Kata Kunci: Billiards, kajian, rancangan bahan ajar, tumbukan sentral, tumbukan tak sentral
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018