Suhu dan kalor merupakan salah satu materi dalam fisika yang di ajarkan di tingkat SMA.Miskonsepsi merupakan suatu konsepsi yang melekat dengan kuat dan stabil dibenak siswa yangsebenarnya menyimpang dari konsepsi yang dikemukakan para ahli, yang dapat menyesatkan parasiswa dalam memahami fenomena alamiah dan melakukan eksplanasi ilmiah. Miskonsepsi tersebutakan mengakibatkan siswa mengalami kesalahan yang berulang untuk konsep pada tingkat berikutnya.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalor di kelasXI SMA. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes diagnostik yang berbentuk pilihanganda dengan empat alternatif jawaban, alasan terbuka, disertai tingkat keyakinan. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa terdapat miskonsepsi pada pemahaman materi suhu dan kalor yaitu sebesar 43%.Miskonsepsi yang dialami siswa banyak terjadi pada konsep yang terkait hubungan antara suhudengan kalor perubahan wujud zat.Kata kunci: Miskonsepsi, tes diagnostik, suhu dan kalor
Copyrights © 2018