FKIP e-PROCEEDING
Vol 3 No 1 (2018): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika

ANALISIS EFEKTIVITAS LABORATORIUM FISIKA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA DAN KESESUAIANNYA DENGAN KURIKULUM 2013

Laila Qonita Ekosari (UNIVERSITAS JEMBER)
Trapsilo Prihandono (UNIVERSITAS JEMBER)
Albertus Djoko Lesmono (UNIVERSITAS JEMBER)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaaan laboratorium fisika dalammenunjang proses pembelajaran fisika SMA sesuai Kurikulum 2013 SMA di Tulungagung. Jenispenelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi danmetode angket. Adapun latar belakang penelitian ini adalah tuntutan Kurikulum 2013 yangmenekankan pada pembelajaran fisika dengan kegiatan praktik untuk mengembangkan sikap,keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam membangun kemampuan siswa. Dalamkegiatan pembelajaran praktik di sekolah dapat dilakukan di dalam laboratorium. Berdasarkan hasilreview beberapa penelitian tentang laboratorium didapatkan bahwa efektivitas penggunaanlaboratorium fisika yang ada di beberapa sekolah masih banyak yang belum efektif. Hal tersebutdikarenakan ketersediaan sarana dan prasarana yang kurang sesuai ataupun karena penggunaanlaboratorium dalam kegiatan praktikum yang rendah.Kata kunci: Kurikulum 2013, Pembelajaran Fisika, Efektivitas Penggunaan Laboratorium

Copyrights © 2018