Fisika merupakan suatu proses tentang pengkajian gejala alam. Seiring dengan perkembanganilmu teknologi dalam bidang pendsidikan, maka proses pembelajaran telah bergeser padaperwujudan pembelajaran modern. Berdasarkan hasil wawancara di SMA N Balung, peserta didikcenderung lebih menyukai penggunaan teknologi seperti laptop dalam proses belajar danmemahami konsep. Materi Usaha dan Energi merupakan salah satu materi yang banyak ditemuidalam kehidupan sehari-hari. Berkaitan dengan kemandirian peserta didik dalam belajar, perluadanya suatu pengembangan modul pembelajaran yang kontekstual (contextual teaching andlearning) berbasis media elektronik yang dapat membantu peserta didik dalam memahami konseppembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuanmengetahui validitas, efektifitas, dan mengetahui respon siswa dalam menggunakan modul usahadan energi berbasis elektronik. Penelitian dilakukan di SMA N Balung pada siswa kelas Xsemester genap tahun ajaran 2017/2018. Modul berisi materi usaha dan energi yang dikemasdalam modul elektronik. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D yang dikembangkanoleh Thiagrajan yaitu : define (tahap pendefinisian), design (tahap perencanaan), develop (tahappengembangan), disseminate (tahap penyebaran). Validitas diukur menggunakan lembar validasioleh dosen dan guru, efektifitas modul diukur berdasarkan hasil pree test dan post test, responsiswa diukur menggunakan angket.Kata Kunci: Pengembangan, Modul Elektronik, Usaha dan Energi, 4D.
Copyrights © 2018