FKIP e-PROCEEDING
Vol 3 No 1 (2018): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika

ANALISIS KETERAMPILAN SOSIAL DAN KOGNITIF SISWA SMA DALAM PEMECAHAN MASALAH SECARA KOLABORATIF

Arina Wardha (UNIVERSITAS JEMBER)
Sri Handono Budi Prastowo (UNIVERSITAS JEMBER)
Bambang Supriadi (UNIVERSITAS JEMBER)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi keterampilan siswa dalam memecahkan masalah secarakolaboratif. Untuk itu perlu dilakukan tes dan penilaian evaluasi terhadap keterampilan siswa dalammemecahkan masalah menggunakan uji dua tahap, serta alat penilaian keterampilan sosial.Keterampilan diukur tidak hanya dilihat dari kognitif saja, melainkan dilihat dari bagaimana siswamemanajemen berbagai ide solusi dari anggota kelompok untuk dipadu-padankan sehingga dapatdigunakan dalam pemecahan masalah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakanteknik purposive sampling pada siswa kelas X IPA salah satu SMA Negeri di Kabupaten JemberTahun Ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan adalah soal tes yang berisi permasalahan fisikadan instrumen penilaian keterampilan sosial siswa. Pengumpulan data diperoleh dengan melakukantes dan observasi kepada siswa kelas X IPA dengan tes pemecahan masalah secara kolaboratif,observasi dilakukan selama siswa berkolaborasi.Kata kunci: Keterampilan kognitif, keterampilan sosial, pemecahan masalah secara kolaboratif

Copyrights © 2018