FKIP e-PROCEEDING
Vol 3 No 1 (2018): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika

KEMAMPUAN MENYELESAIKAN ILL STRUCTURED PROBLEM SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI HUKUM NEWTON

Marlina Puji Rahayu (UNIVERSITAS JEMBER)
Supeno Supeno (UNIVERSITAS JEMBER)
Sri Handono Budi Prastowo (UNIVERSITAS JEMBER)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2018

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran fisika adalah mengintensifkan pengembangankemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah. Kemampuan menyelesaikan masalah adalah aktivitaskognitif kompleks dalam rangka menggunakan proses berpikirnya untuk memecahkan masalah. Denganmengetahui kemampuan menyelesaikan masalah maka peserta didik bisa intropeksi diri dan memilikimotivasi untuk berubah menjadi lebih baik. Bagi guru, dengan mengetahui kemampuan menyelesaikanmasalah dapat dijadikan referensi untuk mengetahui strategi, model, metode, pendekatan, teknik, danevaluasi yang cocok untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah sehingga perlu adanyaidentifikasi kemampuan menyelesaikan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitiandeskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA SMA. Metode pengumpulan data dalam penelitianini adalah tes dan wawancara. Instrument tes yang digunakan adalah tes berbentuk soal ill structured.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan ill structured problem padaindikator mengenali masalah hanya 22.56% mampu mengenali masalah dengan baik, pada indikatorrenencanakan startegi hanya 29.88% pada kategori sangat baik, pada indikator menerapkan strategi hanya6.1% siswa pada kategori sangat baik dan lebih dari 75% siswa pada kategori cukup, kurang bahkansangat kurang, serta pada indikator evaluasi hanya 31% siswa yang mampu melakukan evaluasi dengansangat baik.Kata kunci: Fisika, hukum Newton, kemampuan problem solving

Copyrights © 2018