Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan, mengetahui letak kesalahan,dan besar persentase jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan soal-soalUN pada materi listrik dinamis dan rangkaian arus bolak-balik. Metode pengumpulan data dalampenelitian ini menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Observasi, tes dandokumentasi dilakukan menggunakan teknik purpossive sampling pada siswa kelas XII IPA SMA diKabupaten Jember Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 siswa. Wawancara dilakukan denganpemilihan sampel siswa menggunakan teknik snowball sampling. Instrumen tes yang digunakanadalah soal tes dari soal Ujian Nasional pada tahun-tahun sebelumnya yang berjumlah 4 butir soaldengan berdasarkan terhadap empat indikator penyelesaian masalah menurut polya yaitu memahamimasalah, membuat rencana penyelesaian masalah, melaksanakan penyelesaian masalah dan memriksakembali. Dari hasil tes menggunakan tahapan penyelesaian masalah menurut polya tersebut kemudiandapat diketahui jenis-jenis kesalahan seperti kesalahan terjemahan yang berupa kesalahan dalammenuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, kesalahan strategi yang berupa kesalahandalam menentukan rumus-rumus fisika dan penentuan langkah yang diguanakan untuk menyelesaikanmasalah, dan kesalahan hitung yang berupa kesalahan dalam melakukan operasi hitung saatpenyelesaian masalah.Kata kunci: analisis kesalahan, tahapan polya, soal UN, listrik dinamis dan rangkaian arus bolakbalik
Copyrights © 2018