FKIP e-PROCEEDING
Vol 3 No 1 (2018): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI HUKUM-HUKUM NEWTON PADA SISWA SMA

Poppy Yasvin Kusumaning Fitri (UNIVERSITAS JEMBER)
Sri Astutik (UNIVERSITAS JEMBER)
Bambang Supriadi (UNIVERSITAS JEMBER)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa kelas XI IPA di SMAN 3 JEMBERkonsep Hukum-Hukum Newton. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif.Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitianini terdiri dari 69 siswa. Miskonsepsi ini akan diidentifikasi dengan menggunakan Certainty ofResponse Index (CRI). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif yang disertai denganCertainty of Response Index (CRI). Berdasarkan hasil penelitian miskonsepsi secara keseluruhandidapat untuk konsep Hukum Newton pada kelas XI IPA 2 sebesar 20,6% dan pada kelas XI IPA 3sebesar 28,6%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab miskonsepsi pada siswa berasal daripemahaman siswa.Kata Kunci: Miskonsepsi, Certainty of Response Index (CRI), Konsep Hukum-Hukum Newton

Copyrights © 2018