HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Vol 3, No 1 (2018): Historia : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

PERSEPSI GURU TENTANG EKSISTENSI PERPUSTAKAAN DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP 02 IBNU SINA KABIL

Yanti, Fitri (Unknown)
Awaliah, Nurani (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2019

Abstract

Keberadaan perpustakaan sangat berpengaruh untuk keberhasilan proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana eksistensi perpustakaan dalam pembelajaran IPS terpadu di SMPS 02 Ibnu Sina Kabil. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara dan observasi. Teknik analisa data yang digunakan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa persepsi guru tentang eksistensi perpustakaan beragam, hal ini terlihat dari pemanfaatkan perpustakaan dalam pembelajaran IPS Terpadu seperti alokasi waktu dan pelaksanaan, kedisiplinan siswa, referensi buku, dan sudah dilakukan berbagai upaya untuk mengatasi pemanfataan perpustakaan dalam pembelajaran IPS Terpadu seperti: perencanaan pembelajaran di luar kelas, melakukan pengawasan di kelas agar proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik, menambah referensi buku-buku pelajaran di perpustakaan sekolah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

journalhistoria

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Historia adalah jurnal ilmiah berkala Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan yang berkonsentrasi pada ilmu yang berkaitan dengan ...