EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi
Vol 5 No 1 (2019): Volume 05 No. 01 Juli 2019

PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMPN 1 SEYEGAN

nuryadi nuryadi (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh metode Index Card Match/ ICM(mencari pasangan kartu) terhadap keaktifan siswa dan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekspeimen dengan menggunakan desain penelitian pretest-postest control group design. Dalam penelitian ini , kelas VIII B adalah kelompok kontrol sehingga pada pembelajaran matematikanya menggunakan metode konvensional, sedangkan kelas VIII D adalah kelompok eksperimen sehingga pada pembelajaran matematikanya menggunakan metode ICM (mencari pasangan kartu).Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh metode Index Card Match dan metode konvensional ditinjau dari keaktifan siswa dan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan. Selain itu, pengaruh metode Index Card Match lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional ditinjau dari keaktifan siswa dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMPN 1 Seyegan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

eduscope

Publisher

Subject

Education

Description

EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang. Jurnal Eduscope memiliki tujuan untuk memberikan informasi-informasi dari hasil penelitian dan kajian ...