JURNAL SERAMBI ILMU
Vol 20, No 2 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MELALUI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)

Aryani, Irma (Unknown)
Maulida, Maulida (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2019

Abstract

Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang meliputi proses berpikir kritis, kreatif, logis, reflektif, dan metakognitif. Berdasarkan tujuan kurikulum 2013, soal-soal matematika harus mengintegrasikan HOTS. Soal kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS) adalah berbasis permasalahan kontekstual yang menuntut siswa berpikir kreatif dan kritis dalam mengkreasi ide atau gagasan, memecahkan masalah, mengambil keputusan, mengevaluasi, dan menganalisis dengan cara yang bermakna. Adapun indikator untuk mengukur kemampuan HOTS adalah siswa dapat menggunakan keterampilan berpikir analisis, evaluatif, kreatif, kritis, dan berpikir logis untuk memecahkan masalah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengalisis kesalahan dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen tes dan wawancara yang disusun berdasarkan indikator HOTS. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa siswa melakukan kesalahan-kesalahan yang beranekaragam dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS, meliputi kesalahan dalam memahami perintah soal, kesalahan dalam mengaitkan menghubungkan suatu fakta dari satu konsep ke konsep lain, kesalahan dalam menulis, mengkonstruksi, mengkreasi ide, konsep, rumus, atau cara menyelesaikan masalah, dan tidak (kesalahan) menarik kesimpulan. Penyebab kesalahan tersebut diantaranya adalah sebagian siswa mengalami kesulitan dalam menerapkan keterampilan berpikir tingkat tingginya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

serambi-ilmu

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals ...