JURNAL SERAMBI ILMU
Vol 20, No 2 (2019): JURNAL SERAMBI ILMU

PELAKSANAAN MGMP DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Fakrurridha, Fakrurridha (Unknown)
Nurdin, Nurdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2019

Abstract

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan wadah asosiasi atau perkumpulan bagi para guru mata pelajaran yang berada di suatu sanggar, sekolah kabupaten/kota yang berfungsi sebagai sarana untuk saling berkomunikasi, sarana silaturrahmi antar guru, dan bertukar pikiran dan pengalaman dalam rangka meningkatkan kinerja guru sebagai praktisi/pelaku perubahan reorientasi pembelajaran di kelas. Kenyataan yang ditemui di lapangan, saat ini kiprah MGMP khususnya MGMP tingkat Madrasah Tsanawiyah secara umum belum berjalan secara optimal sebagaimana yang diharapkan. Bahkan dibeberapa tempat khususnya pada tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi, hal ini tidak berjalan sama sekali, padahal wadah ini sebagai suatu wadah untuk menyatukan semua perpsepsi di antara guru dan kepala madrasah. Penelitian ini ditujukan untuk memperoleh gambaran tentang: Pelaksanaan musyawarah guru mata pelajaran Agama Islam/MGMP yang sesuai dengan kebutuhan peningkatan profesionalisme dan kinerja mengajar guru mata pelajaran, pengaruh musyawarah guru mata pelajaran/MGMP terhadap peningkatan profesionalisme guru, dan pengaruh musyawarah guru mata peiajaran/MGMP terhadap peningkatan kinerja mengajar guru pada tingkat MTs Kota Langsa. Teknik pengumpulan data yaitu obsevasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan program peningkatan kemampuan profesional guru melalui MGMP berorientasi pada panduan dan juga berdasarkan kebutuhan dilapangan, disamping itu juga diinovasikan untuk menyesuaikan program dengan tuntutan-tuntutan pembaharuan pendidikan. Dalam materi kegiatan yang disusun sudah mencantumkan hal-hal baru yang memenuhi syarat sebagai suatu perencanaan yang baik, faktual, rasional, fleksibel, komitmen dan komprehensif. Pelaksanaan MGMP PAI pada MTs Kota Langsa telah berjalan sesuai dengan jadwal serta berjalan dengan lancar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

serambi-ilmu

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals ...